News

Rabu, 09 November 2011

173 Jamaah Haji Wafat, 25 di Antaranya di Mina


Makkah - Prosesi haji di Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armina) yang krusial, telah berakhir. Saat ini jamaah terkonsentrasi di Makkah untuk menuntaskan ibadah yang belum seperti tawaf ifadhah, sa'i dan tawaf wada. Sejak kedatangan ke Saudi hingga hari ini, jumlah jamaah yang wafat 173 orang.

Data Siskohat Kesehatan per Rabu (9/11/2011) pukul 18.50 WAS menunjukkan, dari 173 jamaah wafat itu, 7 orang di antaranya wafat di Arafah. Sedangkan 25 orang meninggal di Mina. Jamaah meninggal di pemondokan, RS Arab Saudi dan PBHI maupun di perjalanan.

Jamaah haji gelombang I akan mulai terbang ke Tanah Air lewat Jeddah pada Jumat (11/11). Sedangkan jamaah gelombang II memasuki Madinah pada 13 November 2011 untuk menikmati salat arbain 8-9 hari. Ibadah di Madinah tidak terkait dengan haji. Pemulangan jamaah berakhir pada 10 Desember.

Sementara itu, Arab News edisi hari ini melaporkan, Putra Mahkota Pangeran Naif yang juga wakil menteri utama dan mendagri menyatakan bahwa kesuksesan haji tahun ini tak pernah terjadi sebelumnya. Pelaksanaan haji tahun ini lebih sukses dibanding tahun-tahun lalu.

"Kita harus berterima kasih kepada semua jamaah karena mereka telah membuktikan bahwa mereka adalah Muslim yang menghormati ibadah wajib mereka dan mereka semua kooperatif," puji putra mahkota.

Pangeran Naif mengatakan pemerintah peduli membuat haji lebih mudah dan bebas kerumitan untuk semua Muslim.

Khusus untuk haji Indonesia, Wakil Amirul Haj Hasyim Muzadi menilai secara manajemen dan administratif lebih baik dari tahun lalu tapi tidak berarti sempurna. "Di sana-sini masih ada kekurangan bersifat kasuistis yang harus diperbaiki tahun depan," katanya di Makkah. Terhadap kritikan DPR, Hasyim menilainya hal biasa karena DPR digaji memang untuk mengkritik. Yang penting, menurutnya, jangan sampai DPR berjuang agar haji diswastanisasi.

(sumber detik.com http://www.detiknews.com/read/2011/11/09/233223/1764125/10/173-jamaah-haji-wafat-25-di-antaranya-di-mina?9911012)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Design Blog, Make Online Money